Cara Mudah dan Murah Menangkap Nyamuk dalam Botol

0

SEBARAN nyamuk yang membawa virus penyakit seperti deman berdarah dengue (DBD), malaria, zika hingga kaki gajah dan lainnya di daerah rawa berair dan limpahan air hujan yang meluap menggenang, bisa diantisipasi dengan cara yang mudah dan murah.

METODE yang tergolong berteknologi mudah dan murah tanpa ada racun dalam botol seperti diterapkan Anda di rumah. Dikutip dari blog Ardi Budhi28, mengungkapkan ada cara yang tak berbahaya dalam menangkap nyamuk penyebar penyakit yang mematikan itu. Sebab, jika menggunakan cairan pembunuh serangga yang ada di pasaran, jelas kurang efektif bahkan membawa dampik sampingan yang serius.

Untuk itu, ada cara mudah dan murah yang bisa dicoba di rumah. Bahkan, metode ini cocok untuk segala kondisi pemukiman, sekolah, rumah sakit dan lainnya. Bahkan, teknologi ini tergolong kreatif bisa dikenalkan kepada para siswa untuk dicoba di rumah dan sekolah masing-masing.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya berupa air sebanyak 200 mililiter (ml), 50 gram gula merah. Satu gram ragi yang bisa dibeli di toko makanan kesehatan, warung atau pasar, plus satu botol plastik bekas kapasitas 1,5 liter.

Untuk selanjutnya, ikuti langkah-langkah pembuatannya. Langkah pertama adalah potong botol plastik di tengah dan kemudian simpan bagian atas/mulut botol. Lalu, camur gula merah dengan air panas. Biarkan hingga dingin dan kemudian dituang dalam wadah separuh bagian potongan bawah botol.

Langkah ketiga adalah tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk. Sebab, nantinya campuran ragi dan gula merah ini akan menghasilkan karbon dioksida. Langkah keempat, kemudian pasang atau masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong. Lalu, bungkus botol dengan sesuatu yang hitam, kecuali bagian atas dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda.

Wala, dalam dua minggu, Anda akan melihat jumlah nyamuk yang mati di dalam botol. Selain membersihkan habitat mereka, tempat berkembang biak nyamuk, kita dapat menggunakan metode ini sangat berguna di sekolah-sekolah, TK, rumah sakit dan rumah.(jejakrekam)

Sumber  :  Blog Ardi Budhi28

Ilustrasi  :  Masbroo.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.