Bangun Kesadaran Tertib Lalu Lintas dengan Pendekatan Simpatik

0

SEBUAH tekad untuk mewujudkan jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang berprofesional menjadi program sang Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Program VII dan OPS Simpatik 2017 merupakan program nasional yang dijalankan jajaran kepolisian, termasuk di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Utara (HSU).

PADA Minggu (19/3/2017), sebelum menggelar operasi simpatik, seluruh personil yang terlibat mengikuti apel bersama di halaman Mapolres HSU di Amuntai. Kapolres HSU Agus Sudaryanto melalui Kepala Subag Humas Polres HSU, Iptu Alam Sakti S mengatakan tujuan dari Kapolri itu adalah membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Untuk itu, pelaksanaan giat promoter itu dilakoni anggota Polres HSU bersama kepolisian sektor (polsek) yang ada.

“Tujuan lainnya adalah membantu melayani masyarakat pengguna jalan, pelajar yang akan ke sekolah, apabila ada permasalahan di jalan. Kami juga melakukan teguran simpatik dan penyuluhan kepada pengendara yang belum tertib di jalan, seperti belum klik helm dan lampu belum light on,” tutur Alam Sakti.

Ia menjelaskan ada beberapa lokasi yang menjalankan program promoter, seperti jalur-jalur rawan terjadinya kejahatan, rawan kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas), simpangan-simpangan dan kawasan sekolah yang berada di wilayah yuridiksi Polres HSU.

Masih menurut Alam, program promoter itu intinya memberikan rasa aman kepada masyarakat HSU, dan ketertiban dan keselamatan berlalu lintas di bawah wilayah hukum Polres HSU. “Penyuluhan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas di jalan, sehingga terbangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polres HSU,” ucapnya. Alam mengungkapkan, personil yang terlibat dalam operasi promoter, sebanyak 102 orang, terdiri dari Satuan Lantas dan Sabhara Polres HSU.(jejakrekam)

Penulis   : Yusuf

Editor     : Didi GS

Foto       : Yusuf

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.