Punya CT Scan, Ternyata RSUD Ansari Saleh Belum Maksimal Mengoperasikannya

0

HARGA alat medis canggih seperti CT scan atau elektrokardiogam mencapai miliaran rupiah. Namun sayang, alat kedokteran modern yang mampu menembus bagian dari tubuh manusia seperti sudut kecil dari tulang tengkorak, otak dan lainnya yang dimiliki RSUD Mohammad Ansari Saleh (MAS) itu justru seperti mubazir alias belum terpakai.

HAL itu memancing Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidi Fauzie mendesak agar rumah sakit plat merah itu segera mengoperasionalkan alat yang sangat dibutuhkan dalam mendeteksi penyakit dalam, terkhusus jaringan otak dan saraf serta tulang itu.

“Alat CT scan yang dimiliki RSUD Ansari Saleh itu tergolong paling mutakhir. Yang jadi pertanyaan mengapa tak dioperasionalkan? Kabarnya, karena tak ada tenaga ahli yang bisa mengoperasionalkannya,” ujar Yazidi Fauzie kepada wartawan, Rabu (8/3/2017).

Legislator PKB ini menilai jika alat itu tak kunjung bisa digunakan, padahal sangat dibutuhkan pasien, tentu yang dirugikan bukan hanya keuangan daerah karena harus mengeluarkan dana yang besar, tetapi warga yang sepatutnya mendapat pelayanan prima di RSUD Ansari Saleh. “Sudah sepatutnya, RSUD Ansari Saleh mencari jalan keluar. Bisa saja menyekolahkan tenaga dokter yang ada untuk mempelajari teknik pengobatan modern atau merekrut tenaga medis yang ahli di bidang itu,” cetus Yazidie.

Dikontak terpisah, Direktur RSUD Ansari Saleh, DR Isaak Akbar justru menepis kabar itu. Ia mengatakan pihaknya sudah mampu mengoperasikan peralatan CT scan serta perangkat medis canggih lainnya. “Sekarang sudah bisa kita operasikan CT scan. Sebab, sudah ada satu orang dokter radiologi yang mampu mengoperasikannya. Jadi sudah bisa,” kata Isaak.

Ia mengakui beberapa waktu lalu memang sempat terkendala, akibat minimnya sumber daya manusia (SDM) radiologi yang terbilang langka untuk direkrut bekerja di rumah sakit daerah. “Sebab, banyak dokter spesialis radiologi yang enggan bertugas di Kalsel. Makanya, kami telah menyekolahkan sepuluh dokter ahli  untuk pemenuhan standar pelayanan optimal bagi masyarakat,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Igam

Editor   : Didi GS

Foto     : RSUD Kota Mataram

 

Pencarian populer:biaya CT Scan rumah sakit anshari shaleh

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.