Bila Flu Menyerang, Perbanyak Minum Air Putih dan Santap Sop Hangat

0

MUSIM hujan sepertinya masih panjang. Nah, lingkungan yang lembab akan memudahkan bakteri atau kuman tertentu berkembang biak. Terlebih lagi, jika lingkungan dan ditambah pola hidup yang tak sehat bisa memicu infeksi virus yang terjadi kapan saja.

DIKUTIP dari doktersehat.com, serangan yang paling jamak di musim hujan adalah influenza; batuk dan pilek. Flu merupakan infeksi virus yang terjadi pada alat pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru, sehingga kinerja alat- pernapasan terganggu.  Apalagi, flu merupakan penyakit yang sangat mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui minuman, berbagai alat makan, kontak langsung, bersin, batuk, dan terutama tangan.

Influenza sendiri disebabkan virus RNA dari famili Orthomyxoviridae. Gejala yang ditimbulkan akibat virus ini di antaranya demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk-batuk, lelah dan lemah, dan badan terasa tidak nyaman. Untuk itu, influenza harus segera diobati, agar tidak bertambah parah, dan virusnya menyebar. Ada beberapa cara alami yang mudah dilakukan untuk mengobati flu.

Perbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari. Hal ini untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman penyebab flu. Air putih ini juga dapat dikonsumsi dengan kondisi hangat. Termasuk minuman hangat lainnya seperti teh, minuman yang mengandung rempah, seperti wedang jahe, atau campuran kencur, jahe, kemangi, sereh yang dimasak, atau minuman madu campur jahe. Minuman hangat sangat berguna saat flu. Selain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, karena ada banyak cairan hilang yang keluar melalui  ingus, keringat, dan ludah. Air hangat juga dapat mengurangi mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terrganggu. Selain itu, uap dari air panas sangat berguna untuk mengencerkan lendir.

Kemudian istirahat total ketika terkena gejala flu yang mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Saat kondisi tubuh melemah dibutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membersihkan dan mengeluarkan cairan dalam hidung dapat digunakan dengan terapi bawang-bawangan. Bawang merupakan salah satu jenis rempah yang banyak dijadikan obat. Cara yang dilakukan adalah pegang bawang dan letakkan di bawah lubang dan hiruplah aromanya sekitar lima menit. Selain bawang dapat digunakan pula terapi uap tradisisonal. Caranya masukkan air panas ke dalam baskom, atau bisa juga ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih, kunyit, jahe, atau rempah lainnya. Gunakan handuk untuk menutupi kepala, dan tempatkan wajah di atas baskom, dan hiruplah uap panas tersebut.

Sebab, aroma mint atau mentol juga dapat digunakan untuk mengtasi pilek. Oleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan, dan dada. Saat mandi gunakan air hangat. Air ini akan menjaga tubuh tetap hangat, serta mempermudah keluarnya lendir.

Capcaisin sebagai senyawa kimia yang terkandung dalam cabai dapat digunakan sebagai terapi untuk membersihkan hidung. Konsumsi makanan seperti sup atau makanan berkuah yang mengandung cabe. Tentunya sajikan makanan tersebut dalam keadaan hangat. Selamat mencoba.(jejakrekam)

Sumber : Doktersehat.com

Foto      : Rawatkesehatan.com

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.