Hadapi Ancaman Sabotase, Semua Kesatuan TNI AL Uji Keterampilan

0

ANTISIPASI berbagai keadaan darurat sepeti sabotase, bahaya umum, dan bahaya udara diwujudkan puluhan personil TNI Angkatan Laut (AL) dengan rutin menggelar latihan. Uji kesiapan yang melibatkan seluruh satuan digelar aparat berseragam loreng biru-biru ini di halaman Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut (Mako Lanal) Banjarmasin di Jalan Achmad Yani Km 4,5 Banjarmasin, Senin (6/3/2017) pagi.

KOMANDAN Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky Iskandar Zulkarnain Dipura SH mengatakan  uji terampil tersebut selain kegiatan rutin tahunan merupakan cermin bagi prajurit lanal Banjarmasin,  terutama dalam penguasaaan baik teori dan praktik serta semua fungsi dan tugas yang diemban.

“ Saya berharap semua prajurit Lanal bisa melaksanakan kegiatan uji terampil glagaspur dengan sebaik-baiknya,” kata Danlanal. Sedang materi yang diujikan meliputi, uji tertulis, bongkar pasang senjata, peraturan baris berbaris (PBB), deputasi, pemakaman militer, PDD khas AL, kebaharian, isyarat komunikasi, menembak, renang, militer, pengendalian massa, peran pertahanan, pangkalan dan peran PEK.

Sementara, Wakil Komandan (Wadan) Koordinator Latihan (Korlat) Armada Timur (Armatim) RI, Letkol Laut (P) Eddy Tarjono, menyebutkan, kehadiran dirinya saat gelar uji pagi itu berposisi sebagai penguji kesiapan semua satuan, seperti Pasukan Huru Hara (PHH), anti sabotase, bahaya umum, bahaya udara di markas komando.
“Saya di sini menguji bagaimana kesiapan personel dalam menjaga keamanan di pangkalan,” kata dia.
Disinggung yang paling siap, perwira menengah itu menyebutkan, karena masih baru menguji di Lanal Banjarmasin,  belum bisa membandingkan antar kesatuan. “ Tapi saya nilai personil AL Banjarmasin, sangat bagus kesiapannya,” kata Eddy Tarjono.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Foto       : Igam

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.