Didik Aparat Desa, Kabupaten Tabalong Rangkul Universitas Terbuka

0

KOMISI I DPRD dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Marzuki Darusman mengunjungi kampus Universitas Terbuka sekaligus mendengarkanpemaparan dan sosialisasi keberadaan perguruan tinggi jarak jauh tersebut, di Kampus UT, Jalan Sultan Adam, Banjarmasin, Jumat (3/3/2017).

KEPALA Universitas Terbuka UPBJJ Banjarmasin Ir Edward Zubir MM memaparkan bahwa UT merupakan universitas ke-45 dari 135 universitas yang ada di Indonesia. “Keunggulan UT memiliki 37 program studi dengan 1.000 mata kuliah ditunjang 15 ribu tutor dan 40 kantor layanan,” katanya. Bahkan, kata Edward, UT telah meraih akreditasi A dan B dengan ISO 9001:2008, melalui program magister, sarjana, diploma.

Sedangkan, Ketua Komisi I DPRD Tabalong Zainal Ilmi mengungkapkan kedatangan ke Banjarmasin untuk melakukan konsultasi ke UT, terkait program pembelajaran perkuliahan yang mudah diakses melalui online. “Kami menganggarkan pembelajaran siswa kurang mampu akan diarahkan ke UT,” katanya.

Ia memastikan dalam dua hingga tiga bulan ke depan, dilakukan rekrutmen aparat desa dan lainnya. “Jadi, sekitar 800-an aparat desa belajar di UT, biaya pers emester Rp1,5 juta jurusan pemerintahan desa, termasuk bahan ajar tutorial,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Tabalong Marzuki Darusman pun menyambut baik dengan kerjasama bersama UT. “Bahkan, wisuda 40 orang dari Tabalong dari berbagai disiplin ilmu telah berlangsung di UT,” katanya. Menurut Marzuki, pemerintah daerah membuka peluang pendidikan bagi aparat desa, kemudian ada beasiswa bagi anak kurang mampu. “Dari Pemkab Tabalong, terdapat 50 orang dan UT memberikan 10 orang beasiswa,” ujarnya.

Ia berharap dengan terangkatnya jenjang pendidikan di Kabupaten Tabalong,  bisa lebih memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, terutama aparat desa. “Saya kira administrasi pemerintahan umum bagi aparat desa sangat cocok, dibantu tutor dari UT untuk peserta didik,” imbuh Marzuki.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Foto     : Afdi NR

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.