Dirgahayu

Gandeng ULM, Bimtek DPRD Tanbu Tak Perlu Lagi ke Jakarta

BIMBINGAN teknis (bimtek) pemerintahan dan legislasi tak perlu lagi jauh-jauh  pergi berombongan ke Jakarta. Buktinya, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) lebih memilih menggandeng Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk menghadirkan para akademisi yang berkompeten di disiplin ilmu yang dibutuhkan para wakil rakyat Bumi Bersujud ini.

KETUA DPRD Tanah Bumbu H Supiansyah mengungkapkan dengan menggelar bimbingan teknik (bimtek) dan menggandeng Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai narasumber, diharapkan bisa mengangkat citra positif kampus tertua di Kalimantan Selatan di mata dunia pendidikan nasional.

“Jika memanfaatkan ULM yang notaben perguruan tinggi banua, maka berdampak positif dan nilai tambah bagi perkembangan ULM ke depan. Selama ini, bimtek DPRD selalu ke luar daerah dengan menggandeng perguruan tinggi atau dosen luar. Kali ini, kami bekerjasama dengan ULM,” ucap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel ini, usai bimtek di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Jumat (3/3/2017).

Menurutnya, bimtek DPRD Tanah Bumbu menggunakan APBD Murni 2017 satu kali, dan bimtek bagi  35 anggota dewan, berikutnya dialokasikan dalam APBD Perubahan 2017.

“Kami mengajak DPRD kabupaten/kota di Kalsel, agar setiap bimbingan teknis melibatkan ULM. Sebab, peringkat ULM berada di posisi 20 dari seluruh perguruan tinggi yanga di Indonesia,” tutur pria berkacamata ini, didampingi Wakil Ketua DPRD Tanbu HM Alfian Rahman.

Mereka yang mengikuti bimtek tercatat ada 33 orang. “Komitmen untuk melakukan bimtek dengan narasumber mulai Kementerian Dalam Negeri dan dosen ULM seperti Wakil Rektor I ULM Prof Dr Ahmad Alim Bahri yang memaparkan materi penyusunan APBD,” ucap Haji Upi, sapaan akrab politisi gaek ini.

Sementara itu, pelaksanaan bimtek berlangsung selama dua hari dengan materi pendalaman penyusunan APBD 2017. Terlebih lagi, regulasi pengalokasian dana yang diterbitkan pemerintah pusat selalu berubah seiring kondisi dan situasi nasional.

“Item bimbingan teknis lainnya adalah pengabdian masyarakat. Sebab, dengan bimtek ini akan memperkuat ULM dalam pengabdian keilmuan bagi warga Kalsel sebagai universitas tertua di Kalimantan,”  ucap Wakil Ketua DPRD H M Alfia Rahman.(jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Foto       : Afdi NR