Tinggal Dilantik, Burhanuddin Duduki Kursi Ketua DPRD Kalsel

0

PENGISI kursi Ketua DPRD Kalimantan Selatan yang ditinggalkan Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman, sudah dipastikan diduduki H Burhanuddin. Hj Noormiliyani AS sendiri maju dalam pemilihan Bupati-Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) dan memenangkan suara rakyat Bumi Ije Jela pada Rabu (15/2/2017) lalu.

USULAN DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan untuk pengganti antar waktu (PAW) Ketua DPRD Kalsel dengan masa jabatan tersisa 2017-2019,  usai Hj Noormiliyani AS mengundurkan diri sejak Oktober 2016 telah disampaikan dalam rapat paripurna DPRD di Banjarmasin, Selasa (28/2/2017).

Pelaksana Tugas Ketua DPRD Kalsel, H Muhaimin langsung membacakan surat usulan dari Partai Golkar untuk pengusulan Burhanuddin sebagai PAW ketua dewan. Surat DPD Partai Golkar Kalsle bernomor B-005/GOLKAR-KS/II/2017 tanggal 20 Februari 2017 ditandatangani ketua terpilih, H Sahbirin Noor dan Sekretaris H Murhan Effendie menindaklanjuti rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Golkar  dalam suratnya Nomor B-976/GOLKAR-II/2017 tanggal 17 Februari 2017 ditandatangai Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dan Sekjennya Idrus Marham. Isi surat itu mempertegaskan mengubah usulan Ketua DPRD Kalsel dari semula H Puar Junaidi dengan penggantinya H Burhanuddin.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD berharap kekosongan kursi ketua dewan yang merupakan jatah Partai Golkar segera terisi dan tak ada lagi perubahan usulan,” ujar Wakil Ketua DPRD Kalsel asal FPDIP, Muhaimin.

Sebelumnya, Burhanuddin pernah menjabat Ketua DPRD Tanah Bumbu periode 2009-2014, sehingga menjadi pertimbangan kuat dari Partai Golkar untuk menggantikan Hj Noormiliyani AS yang juga berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pilkada Batola sebagai pemenang pemilihan bupati periode 2017-2022.

Dengan demikian, keanggotaan DPRD Kalsel berjumlah 55 orang, terdiri dari Partai Golkar 13 kursi, 8 anggota FPDIP, 7 kursi PPP, serta PKB dan Gerindra masing-masing enam kursi, PKS mengutus lima wakil, Partai Demokrat dengan empat legislatornya, Nasdem berhasil menyabet tiga kursi, Partai Hanura dengan dua kursi, serta satu wakil rakyat asal PAN, berarti sudah lengkap, tinggal menunggu pergantian antar waktu (PAW) dari Partai Demokrat yang hingga kemarin belum beres.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Editor    : Didi GS

Foto       : Igam

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.