Sirkulasi Uang Beredar di Daerah, Kontraktor Lokal Harus Diutamakan

0

KONTRAKTOR lokal harus diberdayakan dalam berbagai paket proyek. Hal ini sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah, khususnya pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan dan persaingan usaha yang sehat.

PENGUSAHA senior Kalimantan Selatan, H Tahmid meminta pemerintah, terkhusus lagi pemerintah daerah agar memberi kepercayaan kepada para kontraktor lokal menjadi rekanan dalam berbagai paket proyek. “Itukan ada instruksi  Presiden RI yang merupakan hasil pembahasan pada pertemuan gubernur se-Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pimpinan Bank Pembangunan Daerah dengan Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu di Jakarta, agar mengutamakan kontraktor lokal dalam pembangunan infrastruktur di daerah,” ucap Owner PT Hasrat Jaya Utama (HJU), H Tahmid di Banjarmasin, Kamis (23/2/2017).

Dengan mempercayakan setiap paket proyek yang ada di daerah kepada kontraktor lokal, Tahmid menilai sirkulasi dana yang diberikan pusat ke daerah tidak kembali ke pusat, melainkan hanya berputar demi kemajuan pembangunan daerah.

Memang, menurut dia, bagi kontraktor daerah yang kesulitan terkait dengan peralatan atau material yang harus didatangkan dari luar daerah, dapat bekerjasama dengan kontraktor nasional guna menunjang kelancaran pekerjaan yang ada.

“Kalau kami memiliki semua peralatan yang dibutuhkan, sehingga mampu mengerjakan proyek besar seperti pembangunan Bandara Syamsudin Noor. Kalau kami diberi kesempatan, kami bisa mengerjakannya,” tutur pria yang pernah menjadi wartawan era Djok Mentaja ini.

Ia berharap hal tersebut dapat memacu kinerja kontraktor lokal dalam berkompetisi mengerjakan tender proyek yang sudah dimenangkan dengan menyelesaikannya sesuai kontrak, serta tidak menunda-nunda  pengerjaan proyek tersebut.

“Langkah tersebut penting agar pembangunan infrastruktur tahun 2017 ini bisa menciptakan dan menyerap tenaga kerja. Bahkan, uang bisa beredar di masyarakat, ke daerah dan memberikan dampak ekonomi besar di  daerah pula, termasuk pembangunan infrastruktur di dalam negeri banyak dilakukan dengan menggunakan produk dalam negeri,”  ucapTahmid.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Foto     : Afdi NR

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.