Atasi Parkir Semrawut, Hermansyah Gagas Bangun Gedung Parkir

0

KESEMRAWUTAN tata kelola perparkiran di Banjarmasin, dicarikan solusi jitu. Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah mengusulkan untuk membangun gedung parkir bertingkat secara permanen di beberapa kawasan padat, khususnya di pasar-pasar grosir.

TITIK parkir yang akan dibangun tempat khusus tersebut meliputi kawasan Jalan Niaga, Sudimampir dan Ujung Murung. Padahal, sebelumnya, kawasan atap Pasar Sudimampir sebelumnya difungsikan sebagai areal parkir bagi para pedagang dan pengunjung. Namun, lambat laun, berubah fungsi menjadi kawasan kuliner. Hingga kini, arus masuk dan keluar tertutup, akibat menumpuknya aktivitas para pedagang yang menggelar dagangan hingga meluber ke akses masuk dan keluar itu.

“Saat ini, pembangunan gedung parkir atau lahan khusus parkir sudah masuk dalam perencanaan,”  ujar Wakil Wakil Walikota Banjarmasin, H Hermansyah di Banjarmasin, Kamis (16/2/2017). Ia memastikan pada 2018 mendatang, rencana pembangunan lahan parkir bertingkat ini dapat dimulai pengerjaannya.

Untuk merealisasikan proyek ini, mantan anggota DPRD Kalsel asal PDIP mengaku bukan persoalan mudah. Sebab, kata dia, banyak tantangan dan kendala yang harus diselesaikan, yaitu terkendala anggaran dana, juga soal kepemilikan lahan toko di bawahnya yang rata-rata memiliki sertifikat hak milik. Namun begitu, beber Hermansyah, Pemkot Banjarmasin akan terus mengupayakan solusi terbaik, sehingga rencana pembangunan lahan parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat di tiga kawasan potensial ini dapat terealisasi.

Harmansyah menjelaskan, saat ini Pemkot Banjarmasin, terus melakukan presentasi kepada pihak swasta, agar mau terlibat dan menanamkan investasi pada proyek yang diperkirakan akan menelan dana ratusan miliar ini.  Di mata Hermansyah, kehadiran investor jelas akan membantu pemerintah kota yang masih mengalami keterbatasan dana pembangunan.

Menurut Hermansyah, pembenahan sektor parkir akan berimbas pada pemasukan potensial untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). “Selain itu, gedung parkir ini menambah keindahan dan kenyamanan masyarakat khususnya pengguna jalan raya agar tak terganggu kesemrawutan parkir. Makanya, Pemkot Banjarmasin akan berjuang untuk merealisasikannya,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Igam

Foto     : Iman S

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.