“Andai Bisa Perbaiki Jalan, Niscaya Jalan Balangan Mulus”

0

RASA gotong royong warga Paringin, Kabupaten Balangan patut dicontoh. Tak ingin para pengguna jalan yang melintas ruas jalan provinsi yang menghubungkan Paringin-Amuntai, Barabai, dan Tanjung itu membahayakan, langsung dicor warga dengan semen.

SEDIKITNYA ada tiga titik lobang jalan yang ditambal warga dengan bergotong royong. Ada yang mengaduk semen, sedangkan yang lain menuangkan ketiga titik lobang tersebut, Rabu (8/2/2017). Jalan yang berlobang di seputaran Bundaran Paringin, termasuk akses lalu lintas yang cukup padat.

Salah satu warga Paringin yang ikut aksi tambal jalan, Johan mengungkapkan rasa kemanusian yang memicu mereka turun ke jalan bergotong royong menutupi lobang-lobang yang membahayakan para pengendara kendaraan bermotor. “Posisi lobang yang ada di tengah jalan, tentu sangat membahayakan pengguna jalan,” ucap Johan.

Ia bercerita malah ada warga yang mengalami kecelakan, akibat menabrak lobang yang menganga di tengah jalan tersebut. Menurut Johan, kepedulian warga ini sebagai bentuk bantuan bagi pihak terkait yang berwenang memperbaiki jalan. “Seadainya kami mampu memperbaiki jalan, tentu jalan yang ada di Balangan yang parah tentu akan kami perbaiki,” ujar Johan.

Dengan perbaikan ala kadarnya itu, Johan berharap agar instansi yang mengelola ruas jalan provinsi itu benar-benar membuka mata atas kondisi jalan yang nyaman saat dilalui warga Balangan dan pelintas jalan lainnya. “Ya, jalan yang rusak ini akibat dilalui truk trailer dan angkutan yang bertonase jumbo, sehingga di sana-sini terdapat jalan berlobang akibat tak kuat menahan beban angkut,” katanya.(jejakrekam)

Penulis : Sugianoor

Editor   : Didi GS

Foto     : Sugianoor

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.