Empat Kode Mengantisipasi Penyadapan Ilegal

0

HATI-hati kini aksi penyadapan ilegal bisa jadi menimpa Anda. Untuk itu, perlu diketahui prosedur standar bagi umum untuk mengetahui informasi adanya penyadapan di handphone (HP) kesayangan Anda.

NAH, untuk merespon maraknya penyadapan, berikut beberapa kode pada smartphone atau telepon pintar yang berguna untuk mengetahui siapa yang melacak Anda.

Kode pertama: *#21#. Dengan kode ini, Anda bisa mengetahui apakah panggilan, pesan, dan data Anda lainnya sedang dialihkan atau tidak. Status dari berbagai jenis aktivitas akan ditampilkan pada layar ponsel Anda. Dengan kode ini Anda bisa tahu apakah Anda sedang dimata-matai atau tidak.

Kode kedua: *#62#. Jika ternyata memang ada yang dialihkan, masukan kode ini untuk mencari tahu di mana panggilan, pesan dan data sedang dialihkan. Jika panggilan atau pesan memang tidak dialihkan, Anda tidak perlu khawatir. Selanjutnya, kode Ketiga: ##002#. Ini adalah kode universal untuk mematikan semua bentuk pengalihan dari ponsel Anda. Jika merasa panggilan atau pesan Anda sedang dialihkan, segera masukkan kode ini.

Kemudian, kode Keempat: *#06#. Dengan bantuan kode ini, Anda dapat mengetahui IMEI atau International Mobile Equipment Identifier. Jika Anda tahu kode ini, Anda bisa menggunakannya untuk mencari tahu siapa yang mencuri ponsel Anda. Ketika diaktifkan, lokasi secara otomatis akan disampaikan kepada operator  jaringan meskipun menggunakan kartu SIM lain.

Waspada penyadapan ilegal! Sebab, saat ini sudah marak penyadapan, seperti rumor yang kini berkembang ketika Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang masih dilindungi Paspampres saja, disadap secara ilegal, apalagi rakyat biasa.(jejakrekam)

Penulis : Adhi Surya Said (Diolah dari Berbagai Sumber)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.