Bertanding di 26 dan 30 Kelas, 561 Karateka Jajal Kemampuan

0

PEMBINAAN bibit atlet karateka harus dimulai dengan tingginya frekuensi kejuaraan. Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Hasanuddin HM, dihelat Kejuaraan Karate Provinsi Kalimantan Selatan untuk memperebutkan Walikota Banjarmasin Cup III, pada 2-4 Februari 2017.

MISI untuk membina olahraga dinilai Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Karate Indoensia (FORKI) Kalimantan Selatan, Marudut Tampubulon, harus melibatkan pemerintah daerah, sehingga perlu rutinitas untuk menggelar kejuaraan karate seperti yang berlangsung di GOR Hasanuddin HM.

“Kejuaraan karate ini juga merupakan program kerja FORKI. Lewat kejuaraan ini bisa menjadi wahana untuk uji coba atlet berprestasi FORKI kabupaten dan kota, sekaligus memupuk rasa persaudaran antar sesama karateka,” ujar Marudut Tampubulon kepada wartawan, Kamis (2/2/2017).

Ia menerangkan even olahraga ini juga untuk memenuhi persyaratan bagi peserta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel X di Tanjung, Kabupaten Tabalong. Untuk kejuaraan level provinsi ini, Marudut menyebut ada 561 atlet yang ikut ambil bagian. Mereka nantinya akan memperebutkan 56 kelas  dari usia dini hingga senior, ditambah dengan kategori kata beregu.
“Dalam kejurprov ini untuk karateka putri dipertandingkan 30 kelas. Sedangkan, atlet putra yang akan mengikuti 26 kelas,” ucap advokat senior ini.

Usai membuka Kejurprov Walikota Cup III, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina berharap agar lewat even ini melahirkan karateka potensial untuk dibina kembali meraih prestasi di level nasional hingga internasional. “Nah, ajang semacam ini menjadi pembuktian. Saya yakin banyak generasi karateka hebat yang ada di Kalimantan Selatan,” ujar Ibnu Sina.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi sportifitas, sehingga melahirkan atlet karate yang bisa diandalkan daerah. “Kami mendukung pengembangan cabang olahraga ini, sehingga rutin menggelar kejuaraan sebagai bagian dari pembinaan bagi atlet muda Kalimantan Selatan,” kata Sina, yang dapat penghargaan mengenakan sabu hitam karate.(jejakrekam)

Penulis   : Igam

Editor     : Didi GS

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.