Asap Hitam Mengepul, Tamu Hotel Blue Atlantic Berhamburan

1

TAMU Hotel Blue Atlatic, berhamburan keluar. Mereka tampak panik ketika bunyi sirene tanda bahaya, nyaring terdengar. Hotel berbintang berlantai 6 yang terletak di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin, terbakar dengan ditandai mengepulnya asap hitam yang keluar membumbung tinggi.

MINGGU (29/1/2017) pagi, sekitar pukul 08.30 Wita itu, benar-benar menjadi waktu yang mengejutkan para tamu. Padahal, sebagian tamu ada yang tengah sarapan pagi. Sebagian lagi, tengah tertidur pulas di kamarnya. Mereka pun memilih beramai-ramai keluar dari hotel. Kebanyakan mengumpul di areal parkiran dan pinggir jalan. Tampak, mereka menelpon untuk mengabarkan terjadinya kebakaran yang berada di Hotel Blue Atlantic. Api yang diduga dari arus pendek atau korsleting listrik itu bermula di ruangan spa di lantai 2, kemudian menyasar lantai 3, tepatnya ruang karaoke.

“Kami hanya menunggu api agar bisa dipadamkan. Jadi, terpaksa duduk di luar. Kalau tidak, bisa sesak napas dan berbahaya,” ujar seorang tamu, yang tampak tergesa-gesa, sambil mengangkat telepon genggamnya.Bahkan, para ladies yang memandu lagu di ruang karaoke, tampil panik.

Untungnya, puluhan armada pemadam kebakaran (PMK) milik Pemkot Banjarmasin dan swasta berdatangan. Dibantu warga sekitar, mereka berjibaku untuk memadamkan asal api, yang terlihat dari asap hitam yang mengepul ke luar bangunan hotel itu. Hingga pukul 09.30 Wita, api berhasil dijinakkan petugas.

“Kurang lebih satu jam, api berhasil dipadamkan. Ya, petugas pemadam kebakaran di Banjarmasin cukup sigap untuk memadamkan api,” ucap Komandan Koramil 1007-03/ Banjarmasin Timur Mayor Inf Sudjiono, di Banjarmasin, Minggu (29/1/2017).

Sudjiono mengakui dari dugaan sementara, api yang muncul dipicu arus pendek listri di Hotel Blue Atlantic. Makanya, para petugas pemadam kebakaran langsung mencari pusat api. Sedangkan, aliran listrik di hotel yang menyuguhkan musik live dangdut itu dimatikan. “Memang kondisi bangunan yang kebanyakan tertutup cukup merepotkan petugas. Tapi, api tetap berhasil dipadamkan dalam hitungan satu jam,” ujar perwira menengah TNI AD ini.

Akibat musibah kebakaran ini, dua ruangan hangus yakni ruang fitness dan spa yang berada di lantai 2. Untuk total kerugian yang ditanggung hotel milik Roy di Jalan Pangeran Antasari RT 05 RW 01, Kelurahan Pekapuran Raya, Kecamatan Banjarmasin Timur, masih dalam perhitungan. Sedangkan, proses penyelidikan kini langsung ditangani Polsek Banjarmasin Timur.(jejakrekam)

Penulis  : M Noor

Editor    : Didi GS

1 Komentar
  1. Zainal berkata

    Wah…ada apa ya di hotel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.