Akhirnya, Haris Jadi Orang Nomor Satu di Birokrat Kalsel

 

ATAS nama Presiden RI Joko Widodo, Gubernur H Sahbirin Noor resmi melantik Abdul Haris Makkie sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan di Mahligai Pancasila, Jumat (27/1/2017). Tak hanya pejabat eselon I.b, dalam prosesi pelantikan ‘kabinet’ yang keempat turut dilantik pejabat eselon II, serta 6 pejabat eselon II, dan 17 pejabat eselon IV.

BERBEKAL Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 17/TPA Tahun 2017 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, Paman Birin-sapaan akrab Gubernur Kalsel ini,  mengambil sumpah dan janji Haris Makkie. Prosesi pelantikan ini juga disaksikan beberapa kepala daerah, serta pejabat terkait lainnya di Kalimantan Selatan.

Dalam suasana yang cukup khidmat, putra almarhum Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel, H Ahmad Makkie ini, resmi sudah menjadi birokrat tertinggi di lingkungan Pemprov Kalimantan Selatan. Perjalanan karier Haris Makkie cukup mengkilat di dunia birokrasi. Sebelumnya, Haris Makkie pernah menjadi pejabat eselon II di beberapa pemerintah kabupaten di Kalsel, kemudian ditarik menjadi Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Setdaprov Kalsel, hingga menjadi staf ahli gubernur. Lalu, ditempatkan sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum, hingga ditunjuk Paman Birin sebagai Penjabat Sekdaprov Kalsel, dan akhirnya meraih posisi definitif.

Dengan dilantiknya Haris Makkie, Paman Birin berpesan agar roda pemerintahan semakin berjalan sinergi, terutama dari garis koordinasi dan percepatan pembangunan daerah. Ia memastikan akan terus merapikan tatanan birokrasi di lingkungan Pemprov Kalsel agar tercipta pejabat yang profesional.

Usai dilantik, Haris Makkie langsung mengumbar ucapan terima kasih. Ia mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor serta pemerintah pusat yang telah memberi kepercayaan atas jabatan yang diembannya. “Semoga dengan mengemban amanah ini, bisa memajukan birokrasi di lingkungan Pemprov Kalsel,” ujar Haris Makkie, seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak.

Berdasar SK Presiden Joko Widodo, Abdul Haris Makkie dengan NIP 196205101988031018, tergolong dalam  Pembina Utama Madya (Gol.IV/d). Nah, terhitung sejak dilantik secara resmi, Haris Makkie akan diberi tunjangan struktural eselon I.b. Selain Haris Makkie, Asisten I Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah bersama 23 pejabat eselon III dan IV lainnya turut dilantik. Dari tunjangan para pejabat ini, bisa dilihat berdasar Peraturan Presiden nomor 26 Tahun 2007 tentang tunjangan jabatan struktural, belum lagi ditambah tunjangan lainnya. (jejakrekam)

No Eselon Tunjangan Struktural
  1 I A Rp 5.500.000
2 I B Rp 4.375.000
3 II A Rp 3.250.000
4 II B Rp 2.025.000
5 III A Rp 1.260.000
6 III B Rp 980.000
7 IV A Rp 540.000
8 IV B Rp 490.000
9 V A Rp 360.000

 

Penulis   : Wan Marley

Editor    : Didi GS

Foto      : Iman S