Sukses Fornas, Bisa Bidik Tuan Rumah PON

0

VENUE yang disiapkan untuk suksesnya Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) IV Tahun 2017, tak serumit dan selengkap ketika daerah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON).  Makanya, Kalimantan Selatan dianggap layak menjadi penyelanggara even dua tahunan olahraga atraksi dan permainan tradisional itu.

KEPASTIAN itu datang dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Nasional, yang datang memverifikasi fasilitas yang disediakan panitia di Banjarmasin. Bahkan, Sekretaris Jenderal FORMI Nasional, Adi Sujatno memastikan Kalimantan Selatan sudah siap hampir 99 persen sebagai tuan rumah Fornas IV yang diagendakan pada Oktober 2017 mendatang.

Usai berdialog dengan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (25/1/2017), Adi Sujatno mengatakan kini nasib provinsi ini menjadi tuan rumah perhelatan olahrga berskala nasional itu, tergantung pada persetujuan dan ketetapan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

“Kami mengapresiasi kesiapan dan kerjasama Pemprov Kalsel, termasuk masyarakatnya yang ingin menyukseskan Fornas IV 2017 di Banjarmasin,” ucap Adi Sujatno. Seperti even olahraga lainnya, Ketua Tim Verifikasi Fornas ini berpesan agar rekan-rekan jurnalis dan media massa turut mendorong suksesnya even yang mempertandingkan atlet dari seluruh provinsi di Indonesia itu.

Dalam Fornas, ada beberapa cabang olahraga rekreasi yang dipertandingkan layaknya olahraga prestasi lainnya. Ada permainan engrang atau tungkau, aerobik, panco, balogo, bagasing, terompah panjang, dagongan atau tarik tambang, senam poco-poco, senam sajojo, layang dandang serta sumpit yang merupakan olahraga tradisional khas Dayak.

Tentu saja, Gusti Husnul Chotimah begitu gembira Kalimantan Selatan mendapat kepercayaan untuk menggelar Fornas IV. Apalagi, menurut anggota Komisi IV DPRD Kalsel ini, perhelatan ini dibarengkan dengan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (HORNAS) 2017 di Banjarmasin.

Menurutnya, walau dengan dana hanya Rp 800 juta, namun Kalimantan Selatan terbukti sukses menggelar Fornas IV, tentu akan ada catatan tersendiri secara nasional. Hal ini ditambah lagi, keinginan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor untuk membangun Sport Center. “Kalau Fornas IV ini sukses, tentu Kalimantan Selatan akan mampu menggelar even sebesar PON. Kita berharap target pada 2020, Kalsel menjadi tuan rumah itu benar-benar tercapai,” tutur legislator Partai Nasdem ini.

Dan, Panitia Pelaksana Fornas IV di Banjarmasin tengah menyiapkan beberapa tempat sebagai venue olahraga yang dipertanding itu seperti kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Gedung Bundar Sultan Suriansyah, Stadion 17 Mei, serta Menara Pandang di kawasan siring Piere Tandean.(jejakrekam)

Penulis : Igam

Foto     : Juara.net

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.