Dirgahayu

Minta Rp 5 M untuk Fornas, Dikasih Rp 800 Juta

EVEN olahraga tradisional berpadu atraksi menghibur yang akan dibingkai dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) IV 2017 segera digelar di tengah kondisi keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan yang masih ‘kembang kempis.’

ALHASIL,  Fornas yang akan mempertandingkan cabang olahraga rekreasi seperti engrang, aerobic, jumba, panco, balogo, bagasing, tarik tambang dan senam poco-poco itu hanya mampu dibiayai APBD Provinsi Kalimantan Selatan sebesar Rp 800 juta. Padahal, Banjarmasin sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan semula menganggarkan dana penompang kegiatan itu mencapai Rp 5 miliar.

Kondisi dana yang masih jauh panggang dari api terungkap dalam rapat kerja Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (23/1/2017). “Kami berharap ada pihak yang mau berpartisipasi dalam membiayai even nasional yang dipusatkan di Banjarmasin ini,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidi Fauzie kepada wartawan. Ia mengaku tak bisa membayangkan dari rencana anggaran semula Rp 5 miliar, kemudian terjun payung ke angka Rp 800 juta sungguh hal yang menyedihkan. “Walau dengan alokasi dana kecil itu, kita wajib memaksimalkan kegiatan berskala nasional itu,” ucap legislator PKB ini.

Walau waktu pelaksanaan masih lama, Yazidi Fauzie berharap agar Fornas IV yang dihelat pada Oktober 2017 bisa berjalan lancar dengan partisipasi pihak ketiga. “Kami juga menginginkan agar satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkungan Pemprov Kalsel bisa menunjang kesuksesan Fornas IV. Caranya, bsia memanfaatkan anggaran yang bisa mengarah ke suksesi kegiatan itu,” kata mantan Ketua KNPI Kalimantan Selatan ini.

Yazidi Fauzie hakkul yakin banyak dampak positif bagi even sekelas Fornas IV bagi Kalimantan Selatan, karena yang berdatangan adalah para atlet dan ofisial termasuk wisatawan yang akan berkunjung ke Banjarmasin. “Tentu, mereka akan menyukai makanan khas serta objek wisata yang ada,” ucapnya.

Walau dengan anggaran yang super minim, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan, Zakly Aswan tetap bangga karena Banjarmasin menjadi tuan rumah Fornas IV. Untuk menyukseskan even tahunan itu, telah disiapkan 10 venue seperti di lingkungan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Gedung Bundar Sultan Suriansyah, Stadion 17 Mei serta Menara Pandang di Siring Tandean.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Editor   : Didi GS