Ketahuan Pungli, Oknum PNS Dishub Batola Diamankan

PRAKTIK  pungutan liar (pungli) bagi kapal yang melintas di perairan Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala (Batola) ditengarai masih marak. Hal ini terbukti ketika Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Provinsi Kalimantan Tengah mengamankan oknum pegawai negeri sipil (PNS) Dinas Perhubungan Kabupaten Batola berinisial AN.

“OKNUM berinisial AN ini diamankan petugas di Pos Ujung Panti. Dia diduga tengah melakukan pungutan terhadap kapal-kapal yang melintas,” kata Ketua Tim Saber Pungli Kalimantan Selatan, Kombel Pol Djoko Purbo kepada wartawan di Banjarmasin, Senin (23/1/2017).

Dari tangan AN, Tim Saber Pungli menemukan uang Rp 400 ribu sebagai barang bukti. “Yang bersangkutan telah kami amankan pada Kamis (19/1/2017). Saat ini, AN masih dalam pemeriksaan. Bileh dikatan belum murni pungli, makanya  proses penyidikan lebih didalami lagi,” ucap Djoko.

Menurutnya, proses verifikasi yang dilakukan Tim Saber Pungli Kalimantan Selatan untuk mengaitkan dengan target dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala, terutama penarikan retribusi terhadap kapal-kapal yang melintas di Sungai Barito.

Tak hanya itu, Djoko juga mengakui telah mendapat informasi dari anggota kepolisian soal penyimpangan di perairan Sungai Barito, yakni ada satu kapal yang kelebihan muatan. Atas informasi itu, seorang anggota Polres Batola bernama Brigadir F langsung mengecek dokumen kapal tersebut pada Kamis (19/1/2017) malam.  “Karena saat itu masih tengah malam, rupanya pemilik kapal ini langsung menelpon petugas Ditpolair Polda Kalsel. Merekalangsung mendatangi si oknum polisi Polres Batola. Yang bersangkutan langsung diamankan untuk diverifikasi lebih lanjut,” kata Djoko.

Ia menegaskan masih mendalami adanya dugaan pemerasan yang dilakukan Brigadir F terhadap pemilik kapal yang kelebihan muatan. “Katanya yang bersangkutan ingin minta uang Rp 5 juta itu masih kita dalami. Sebetulnya pemerasan belum terjadi, hanya dugaan yang diproses secara internal,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Iman S

Editor   : Didi GS

Foto     : Iman S

 

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news and updates delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time