Usai Catat 6.000 Karateka di 2019, Kini Giliran 10.000 Pesilat Kalsel Pecahkan Rekor MURI

0

TARGET Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor untuk memecahkan rekor dunia dengan menghadirkan 10.000 ribu pesilat di momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-59, terwujud.

PEMECAHAN rekor dunia ini dicatat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan hadirnya 10.000 pesilat Bergerak di halaman Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan ini seperti mengulang memori 8 September 2019 silam, saat 6.000 karateka mengikuti pemecahan rekor MURI di halaman Gubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman dan sekitarnya di Banjarmasin.

Upaya pemecahan rekor MURI ini diprakarsai sang gubernur yang akrab disapa Paman Birin sejak lama. Terbukti, ribuan pesilat dari berbagai perguruan datang dan memenuhi lokasi sedari pagi.

BACA : Usai Karate, Paman Birin Ingin Pesilat Kalsel Pecahkan Rekor MURI

Sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalsel, Paman Birin tentu mudah menggerakkan para pesilat dari beberapa perguruan di bawah naungan organisasi cabor bela diri khas Indonesia. Bahkan para ASN dan karyawan-karyawati di lingkungan Pemprov Kalsel juag ikut dikerahkan guna menghadiri lokasi yang telah disiapkan oleh panitia.

Paman Birin pun menyemangati para pesilat untuk kompak memecahkan rekor MURI, dengan membuka salam olahraga. Pemecahan rekor MURI diawali pelantikan pengurus IPSI Kalimantan Selatan masa bakti 2020-2024 oleh Wakil Ketua Umum PB IPSI H M Shiddiq.

Usai dilantik, Paman Birin memimpin langsung jurus tunggal 1 dan 2 yang diikuti antusias seluruh pesilat. Jurus tunggal 1 terdiri dari 7 gerakan dan jurus 2 terdiri dari 6 gerakan.

BACA JUGA : Pencak Silat Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

Pencak silat memiliki variasi gerakan dengan tujuan melakukan serangan atau memertahankan diri dari lawan. Bentuk setiap gerakan juga memiliki unsur berbeda seperti cara melangkah, posisi, hingga arah sasaran gerakan.

Paman Birin dan pengurus IPSI Kalsel saat menerima piagam rekor dunia dari MURI di Banjarbaru. (Foto Pemprov Kalsel)

————

“Saya ucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada seluruh jajaran muri, perguruan pencak silat, ASN dan karyawan-karyawati di lingkup Pemprov Kalsel yang telah bergerak serentak untuk menyukseskan terciptanya rekor MURI ini,” papar Paman Birin, dalam sambutannya.

“Alhamdulillah hari ini kita berhasil memecahkan rekor dunia, target kita 10 ribu namun ternyata lebih dari 10 ribu pesilat, ini untuk mengangkat kekayaan budaya kita,” ucap Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini.

BACA JUGA : Paman Birin Pecahkan Rekor MURI Kumpulkan Relawan Sosial Terbanyak

Bagi Paman Birin, ribuan peserta silat hadir di tempat ini bukan hanya soal jumlah, tetapi sebuah atraksi cinta banua untuk pencak silat sebagai seni bela diri asli Indonesia.

“Inilah penghargaan kita terhadap seni bela diri pencak silat, yang didalamnya terukir kekayaan budaya dan peradaban bangsa. Sarana memelihara persaudaraan, persatuan dan kesatuan kita sebagai suatu bangsa,” imbuhnya.

Sebagai Ketua Umum IPSI Kalsel, Paman Birin mengingatkan agar momentum pemecahan rekor MURI menjadi motivasi untuk para atlet penca silat agar lebih bisa berprestasi ke depan.

BACA JUGA : Pesta Kembang Api Malam Pergantian Tahun Batfest 2022 Pecahkan Rekor MURI

Senior Manager MURI Triyono, mengungkapkan pihaknya telah memverifikasi peserta untuk jurus tunggal. Menurut dia, Paman Birin telah berhasil mencipatakan rekor dunia. “Hari ini, MURI akan menganugerahi sebagai sebagai rekor dunia,” katanya.

Sementara itu, Supri dari Peguruan Silat Perisasi Diri mengaku bangga karena dapat berpartisipasi dalam pemecahan rekor 10 ribu pesilat. Dirinya berharap, pencak silat semakin dikenal dan dicintai keberadaanya.

BACA JUGA : Demi Pecahkan Rekor MURI Jambore Akbar, Pemkot Banjarmasin Kirim 120 Relawan ke Kiram Park

“Kami bangga ambil bagian dalam rekor MURI inim jaya selalu pencak silat Indonesia,” kata Supri.

Senada itu, Melinda, pesilat dari Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) bersama ratusan rekannya antusias gelaran latihan silat pemecahan rekor MURI.

“Terima kasih Paman Birin atas inisiasi acara ini. Kami para pesilat penuh semangat melestarikan warisan budaya,” kata Melinda.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.