Gubuk Dibongkar, Penghuni Kolong Jembatan Antasari Kembali Lagi ke Lokasi

0

WALAU gubuk-gubuk para penghuni kolong Jembatan Antasari sudah dirobohkan Satpol PP Kota Banjarmasin pada Kamis (14/3/2019), ternyata mereka tetap bertahan di lokasi dekat Hotel Swissbell Borneo.

PERABOTAN rumah tangga para penghuni kolong Jembatan Antasari terdiri dari delapan kepala keluarga (KK), sebagian besar sudah diangkut Satpol PP Banjarmasin untuk dititipkan di Rumah Singgah Baiman, Jalan Gubernur Soebarjo, Lingkar Selatan.

Selang empat hari, dari pantauan jejakrekam.com, Senin (18/3/2019), ternyata para penghuni masih tetap bertahan di sekitar pos dermaga kecil yang sehari-hari digunakan untuk muatan kelapa dijual ke pasar. Walau tak mendirikan gubuk lagi, para penghuni bertahan dan menjadi tempat itu untuk wadah berkumpul.

BACA : Tangis Cahaya Pecah, Penghuni Kolong Jembatan Antasari Tak Menyangka Digusur

Dalam pantauan, di kawasan kolong jembatan itu terdapat dua ibu bersama satu anak yang sedang membeli pencok atau gado-gado dipayungi terpal butut, sepeda, beberapa jemuran pakaian dan sisa-sisa puing kayu akibat pembongkaran lalu.

Sementara di luar, terdapat ada satu ibu yang sedang mengemis di turunan jembatan. Satunya lagi, sedang asyik bersantai didepan pintu masuk hotel berbintang di Jalan Pangeran Antasari itu.

Saat dikonfirmasi jejakrekam.com, Kepala Satpol PP Kota dan Damkar Banjarmasin, Hermansyah menyebut langkah terbaik untuk mengusir penghuni kolong jembatan ini adalah melanjutkan proyek siring Sungai Martapura.

“Itu lebih efektif, sehingga mereka tidak bisa lagi bermukim. Saya sudah koordinasikan ke Dinas PUPR Banjarmasin untuk percepatan pembangunan di tahun 2019,” ucap Hermansyah, sembari bergegas menuju ruangan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina di Balai Kota.

BACA JUGA : Ditawari Bansos, Penghuni Kolong Jembatan Enggan ke Rumah Singgah

Sebelumnya, Kasi Operasional dan Pengendalian Satpol PP Kota Banjarmasin Noorfahmi Arif Ridha menegaskan peringatan terakhir bagi para penghuni usai digusur untuk tak kembali lagi ke tempat semula. Guna memantau itu, Noorfahmi memastikan Satpol PP Banjarmasin akan rutin melakukan patroli di kawasan samping Jembatan Antasari itu. “Tiap hari kami akan lakukan giat,” cetusnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.